****....SELAMAT DATANG DI DUNIA KU....****

Kamis, 17 April 2008

Manfaat Ruku' pada Tubuh

Ruku' adalah salah satu gerakan dalam shalat. Tahukan Anda bila Ruku' saat shalat dilakukan dengan gerakan benar dan tidak terburu-buru, sebenarnya dalam 1 hari minimal kita melakukan 17 kali "Olah Tubuh" yang sangat baik untuk kesehatan. Antara lain:

1. Mencegah melekatnya tulang Kelangkang dan tulang tungging. Hal ini secara langsung dapat mencegah penyempitan ruang panggul yang berarti mencegah kelainan-kelainan pada kepala bayi, letak wajah, letak dahi dan mencegah kesulitan dalam melahirkan ....... ( Prof. H.M. Hembing Wijayakusuma).

2. Membuat ruas tulang belakang (vetebrata) akan tetap berada dalam kondisi prima, karena persendian diantara ruas-ruas tulang belakang (corpus vertebrata) tetap lemah dan lentur........ (Prof. H. M. Hembing Wijayakusuma).


3. Dengan adanya peregangan dan bergeraknya otot-otot dan tendon (urat daging) disekitar ruas tulang belakang, ruku' dapat menghindarkan diri dari penyakit pada ruas tulang belakang........... (Prof. H. M. Hembing Wijayakusuma).

4. Sebagai latihan kemih untuk pencegahan keluhan prostat. Pelurusan tulang belakang akan mengempiskan ginjal dan menekan buli-buli( tempat penampungan kemih). Hal ini dapat memperlancar kemih......... ( Dr. Bahar Azwar, SpB Onk)

5. Dengan posisi leher lebih rendah dari perut dan dada, ruku' dapat membuat peredaran darah menjadi lebih lancar ke arah kepala dan bersama-sama dengan itu aliran getah bening (untuk daya tahan tubuh) pun menjadi lancar.......... ( Dr. Bahar Azwar, SpB Onk ).

6. Secara psikologi, ruku' mewakili arti penting hubungan diri dengan allah. Sikap ruku' yang berada di tengah-tengah ketiga gerakan utama shalat, adalah simbol dari kepatuhan dan ketaatan. ruku' juga merupakan salah satu gerakan inti shalat, karena hitungan satu rakaat hanya mempunyai satu ruku'. (Budi Dharmawan, psikolog)


Dan ini adalah sisa postingan saya yang akan saya sembunyikan dan hanya muncul pada saat post page atau link read more.. diklik

Tidak ada komentar: